MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Selasa, 23 Oktober 2012

pengertian skype

Pengertian Skype

Skype adalah sebuah aplikasi messenger seperti halnya Yahoo Messenger, MSN Messenger dll, tetapi Skype lebih difokuskan pada layanan voice messenger ketimbang teks sehingga Skype lebih dikenal sebagai aplikasi VoIP (Voice over Internet Protocol) yaitu komunikasi suara melalui protokol Internet.

Dengan demikian kita bisa melakukan panggilan (telepon) antar PC ke PC dengan biaya gratis disamping itu kita juga dapat melakukan panggilan dari PC ke telepon rumah atau panggilan dari PC ke ponsel  atau sebaliknya dengan biaya/tarif yang sangat murah dengan kualitas suara yang sangat bagus. Keterangannya dapat dilihat di situsnya www.skype.com. (Aplikasi tersebut bisa kita download dari situsnya dan cara installnya sangat mudah sekali).

Dengan fasilitas VoIP tersebut kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja diluar sana dengan mudah (dapat langsung dengan suara/ngobrol dengan biaya gratis) atau dengan teks (selain chatting seperti biasa kita juga bisa kirim sms ke ponsel). Komunikasi dapat dilakukan hampir-hampir real time.

Mekanisme real time-nya sendiri adalah saat kita mengirim teks atau suara, penerima dapat menerimanya hampir pada saat yang bersamaan sehingga dua pihak (atau sampai 4 pihak atau lebih (teleconference)) di tempat yang berbeda dapat berkomunikasi dengan baik.

Skype juga menyebabkan dunia telekomunikasi menjadi tidak terbatas, dengan memberikan pilihan bagi para pemakainya untuk mengakses telepon. Skype yang dimasukkan ke dalam alat teknologi seperti ponsel membuat konsumen ponsel dapat melakukan teknologi telepon berbasis internet, dan sudah dimulai oleh motorola.

Dengan memanfaatkan fitur nirkabel, kualitas akses telepon berbasis internet juga sangat mudah dilakukan. Ketika PDA yang didalamnya sudah terinstall aplikasi Skype kemudian terkoneksi dengan salah satu hotspot, sambungan koneksi Skype bisa dilakukan, baik untuk telepon melalui jaringan internet tidak terbayar (gratis) apabila menghubungkan sebuah komputer yang menggunakan Skype, atau tersambung ke ponsel dan telepon rumah bila menggunakan layanan Skype Out yang memberlakukan tarif sangat murah. (Diperjelas : bila dari PDA yang sudah terkoneksi salah satu hotspot, menelepon ke komputer yang ada dirumah biayanya  gratis dan apabila dari PDA menelepon ke ponsel atau telepon rumah maka diberlakukan tarif tapi sangat murah menggunakan layanan Skype Out).

Teman saya yang pernah mengikuti pertukaran pelajar antara ITB dengan Finlandia juga pernah menggunakan layanan yang disediakan oleh Skype. Daripada menelepon lewat ponsel ke telepon rumah yang tarifnya sangat mahal maka teman saya ini memanfaatkan Skype dengan cara menelepon dari komputer ke telepon rumah (dari Finlandia ke Yogyakarta) dan tarifnya sangat murah sekali (kalau saya tidak salah Rp 250 permenit). Cara pembayarannya juga sangat mudah sekali, kita tinggal beli voucher dari situs www.skype.com kemudian dipakai.

Skype memang teknologi yang benar-benar kompleks karena banyak sekali fitur-fitur atau layanan-layanan yang disediakan, selain telepon berbasis internet dengan biaya gratis, juga bisa nonton TV gratis diinternet (saya baca di artikel, belum pernah dicoba sih) dan  merencanakan komunikasi video secara real-time yang merupakan hal yang sangat menarik untuk dunia bisnis, bisa dibayangkan sebuah layanan video yang memungkinkan orang menjual berbagai jenis jasa, seperti konsultasi bisnis melalui Web, atau sebagai sarana alternatif untuk mempertemukan penjual dan pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar